Iklan

Nasional

Kapolda Bali hadiri Acara Penutupan Rakernis Bareskrim Polri di Bali

Redaksi
Jumat, 17 Mei 2024, Mei 17, 2024 WIB Last Updated 2024-05-17T03:00:04Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Bali-Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim) Polri 2024 yang telah berlangsung selama 2 hari di Kuta-Bali, dan berkaitan dengan hal tersebut, hari ini Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dengan didampingi oleh Kabareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil., saat hadir untuk menutup kegiatan Rakernis Bareskrim Polri di tahun 2024.


Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Kepolisian Daerah Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., berkesempatan hadir pada acara penutupan Rakernis Bareskrim Polri 2024 dengan tema yang digelar di Ballroom The Anvaya Beach Resort Bali, Kuta, Kamis (16/5/2024).


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si., Kakor Brimob Polri Komjen. Pol. Drs. Imam Widodo, M. Han., Wakabareskrim Polri Irjen. Pol. Asep Edi Suheri, S.I.K., M.Si., Asops Kapolri Berdianto Iskandar Bitticaca, M.H., Asrena Polri Wahyu Hadiningrat, S.I.K., M.H., Kakor Lantas Polri Irjen. Pol. Dr. Drs. Aan Suhanan, M.Si., Kadiv Propam Polri Irjen. Pol. Drs. Syahar Diantono, M.Si., Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Samdi Nugroho, S.I.K., S.H., M.Hum., dan PJU Bareskrim Polri serta seluruh peserta rakernis yang juga hadir.


Mengawali kegiatan tersebut, dalam sambutannya, Kabareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil., mengucapkan ucapan terimakasih kepada Kapolri, karena telah berkenan hadir untuk menutup kegiatan Rakernis Bareskrim Polri 2024 dan menyebutkan juga bahwa Rakernis ini bertujuan untuk menjadikan Penyidik Polri didalam lingkungan Reserse semakin Responsif, Beretika, dan Berkeadilan dalam rangka mensukseskan Program Bapak Kapolri untuk Polri yang Presisi.


”Dengan tema Penyidik Polri Yang Presisi Guna Menjamin Tegaknya Hukum Dalam Proses Demokrasi dan Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan, kegiatan Rakernis Bareskrim Polri 2024 ini bertujuan untuk menjadikan Penyidik Polri didalam lingkungan Reserse semakin Responsif, Beretika, dan Berkeadilan dalam rangka mensukseskan Program Bapak Kapolri untuk Polri yang Presisi,” ucapnya.


Jenderal peraih Adhi Makayasa ini juga menyampaikan bahwa strategi Bareskrim Polri dalam mengamankan Pemilu 2024 dan Agenda 2024 yaitu dengan Penguatan Sentra Gakkumdu dan Predictive Policing dengan mengedepankan pengelolaan Data. ”Dengan penguatan penegakan hukum terpadu dan Predictive Policing dengan mengedepankan pengelolaan Data untuk mengamankan agenda 2024 dan pengamanan Pemilu 2024,” imbuhnya.


Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menyebutkan bahwa stabilitas Polhukhankam yang kondusif dapat terwujud jika seluruh unsur Organisasi Polri bekerja dengan optimal sesuai dengan tupoksinya masing masing termasuk Bareskrim Polri. Ditengah dinamika Geopolitik global yang berdampak pada perekonomian global, situasi perekonomian Indonesia masih stabil berkat adanya Transformasi Ekonomi yang didukung stabilitas bangsa.


”Bareskrim Polri harus berkontribusi dalam menjaga kepentingan Polri melalui pembenahan berkelanjutan seperti melakukan gakkum secara optimal dan terus melakukan pembenahan dalam bidang gakkum. Penyidik Polri sebagai pintu gerbang gakkum harus memiliki sense of crisis dan penyidik tidak hanya bertugas memastikan hukum ditegakkan, namun juga harus memberikan solusi dan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat,” ucapnya.


Pimpinan Korps Bhayangkara ini juga menyampaikan bahwa seluruh jajaran Reserse agar meningkatkan Penegakan Hukum terhadap berbagai kejahatan yang merugikan negara seperti contoh yaitu kejahatan korupsi, kejahatan terhadap aset negara, kejahatan sumber daya alam (SDA), Kejahatan Karhutla, Kejahatan Ekspor-Import Illegal.


”Tingkatkan Sinergi Horizontal antar kesatuan dan Sinergi Vertikal dari atas kebawah karena Sinergisitas dan Soliditas merupakan kunci menghadapi segala tantangan Indonesia ke depan dan jadikan Tribrata dan Catur Prasetya sebagai Pedoman Hidup dan Pedoman Kerja bagi personel Polri,” ujarnya.


”Bareskrim Polri harus mampu melakukan penegakan hukum yang memenuhi rasa keadilan dan harapan masyarakat, sehingga stabilitas polhukhankam dapat dipastikan, demi mendukung terwujudnya Visi Indonesia Emas 2045,” imbuh Kapolri.


Selanjutnya pada Rakernis Bareskrim Polri 2024 tersebut juga dilakukan pemberian secara simbolis  Skep Pembentukan Direktorat Siber di 8 (delapan) Polda Jajaran diwakili oleh Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., pemberian Piagam Penghargaan kepada Satgas Anti Mafia Bola tahun 2023 - 2024 yang diterima oleh Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen. Pol. Himawan Bayu Aji, S.H., S.I.K., M.H. selaku Wakasatgas anti Mafia Bola, Piagam Penghargaan Kepada Satgas TPPO Tahun 2023 yang diterima oleh Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen. Pol. Djuhandhani Rahardjo Puro, S.H.


Pemberian Piagam Penghargaan Kepada Satgas Penanggulangan Gagal Ginjal Tahun 2023 yang diterima Oleh Dirtipidter Bareskrim Polri Brigjen. Pol. Nunung Syaifuddin S.I.K., M.M., pemberian Pin Emas Kapolri dan Piagam Penghargaan kepada Satgas Penanggulangan Narkoba Tahun 2023 - 2024 kepada Direktorat IV Kasubsatgas Gakkum P3GN atas Pengungkapan Kasus Jaringan Fredy Pratama kepada Brigjen. Pol. Mukti Juharsa S.I.K., M.H.,


Pengahargaan kepada Polda Jajaran atas penagkapan narkoba dengan barang bukti terbanyak diberikan kepada Diresnarkoba Polda Sumut Kombes. Pol. Yemi Mandagi, S.I.K., Penghargaan kepada Satgas Penanganan Narkoba Polres Jajaran diberikan kepada Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes. Pol. Muhammad Syahdudi, S.I.K., M.Si., Piagam Penghargaan Penanganan Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Korupsi Terbaik Tahun 2023, diterima Oleh Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes. Pol. Bambang Yugo Pamungkas S.I.K., M.H., kemudian dilaksanakan Pemberian Bantuan Kapolri untuk Renovasi Tempat Ibadah Masjid Al Hikmah Joglo, Denpasar, Pura Dalem Banjar, Tabanan, Gereja Pantekosta Gloria, Denpasar, Gereja Katolik Parkoi, Badung. Selanjutnya juga dilakukan Penandatanganan Prasasti oleh Kapolri pada Prasasti Peresmian Laboratorium Digital Forensik Bidlabfor Polda, Program Kreditor Swasta Asing (KSA) T.A. 2021.


Kegiatan Rakernis Bareskrim 2024 dilanjutkan dengan sesi Foto Bersama Bapak Kapolri bersama Seluruh Perwakilan Penerima KEP, Piagam Penghargaan, dan Penerima Bantuan Renovasi Tempat Ibadah. (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini