Iklan

Nasional

Pemakaman Secara Militer Wujud Penghormatan Terakhir Kepada Prajurit

admin
Jumat, 19 April 2024, April 19, 2024 WIB Last Updated 2024-04-19T12:50:01Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


BARABAI-Kapten Czi Obet Subagiyo selaku Danramil 1002-02/Batang Alai Utara pimpin Upacara Pemakaman Militer Almarhum Kopka Sopianur NRP 3920822511273 Ta Provos Sipers Kodim 1002/HST, bertempat di pemakaman umum Desa Sumanggi Seberang Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah.Jum’at (19/04/2024).


Untuk diketahui almarhum meninggal karena sakit pada hari Jum’at 19 April 2024 sekitar pukul 06.15 Wita di RS. Damahuri Barabai,


Pemakaman militer sendiri merupakan hak dan penghormatan terakhir yang diperuntukkan bagi setiap prajurit TNI yang meninggal dunia, sebagai bentuk penghargaan dari negara atas jasa-jasa serta darma bakti kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Dalam amanat Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa.S.Hub.Int.,M.Han yang dibacakan oleh Danramil 1002-02/Batang Alai Utara  Kapten Czi Obet Subagiyo  mengatakan, bahwa upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan atas jasa, dharma bhakti dan pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya. 


”Kepergian almarhum, sungguh sangat mengejutkan dan menimbulkan kesedihan yang mendalam bagi kita semua, khususnya bagi keluarga yang ditinggalkan, namun sebagai umat beragama yang tentunya kita meyakini dan percaya kepada ketentuan allah swt, kita harus dapat menerima secara ikhlas, karena kepergian almarhum sudah keputusan dan kehendaknya. 


Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya selaku inspektur upacara dan selaku pribadi  menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum, seraya memanjatkan do'a semoga allah swt memberikan ketabahan, kesabaran dan bimbingan serta perlindungan-nya kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan. 


”Disisi lain kami menyadari bahwa almarhum sebagai manusia biasa, semasa hidupnya juga tidak luput dari segala kekhilafan dan kealpaan, untuk itu saya mengajak para hadirin, kiranya melapangkan dada, untuk memaafkan segala” kesalahan almarhum semasa hidupnya. 


Akhirnya, marilah kita semua mendo'akan almarhum, semoga kesalahan dan kekhilafan almarhum diampuni dan arwahnya mendapat tempat yang mulia disisinya aamiin.


Upacara pemakaman ini digelar dengan hikmat dan penuh haru yang dihadiri Perwira, Bintara,Tamtama dan PNS Kodim 1002/HST, anggota Yonif 621/Manuntung satu peleton dan satu regu salvo.(pen1002).

Komentar

Tampilkan

Terkini