Iklan

Nasional

Simakrama Pangdam IX/Udayana Bersama Insan Media, Tegaskan TNI Tetap Netral Dalam Pemilu

Tatag Gianyar
Selasa, 06 Februari 2024, Februari 06, 2024 WIB Last Updated 2024-02-05T17:23:03Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Denpasar - Guna mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kerja sama dalam upaya menjaga keutuhan NKRI, Kodam IX/Udayana menggelar acara Simakrama dengan para Insan Media se Bali, yang dilaksanakan di Ruang Kreasi Kodim 1611/Badung, Jalan Sugianyar No. 6, Dauh Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, pada Senin 5 Februari 2024.


Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana memastikan jika Prajurit TNI netral dalam Pemilu 2024. Selain itu, TNI juga siap memberikan bantuan terhadap Polri saat keadaan darurat dalam proses Pemilu. Tekad dari penyelenggara Pemilu dan Bawaslu pun telah siap, serta juga sudah ada penjelasan terkait pengamanan, baik dari Polda maupun Kodam.


"Netralitas TNI sangat diperlukan menjelang maupun selama berlangsungnya Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 agar tidak terjadi hal-hal yang dapat mencoreng citra TNI. Saya pastikan kembali bahwa seluruh Prajurit Kodam IX/Udayana bersikap netral. Kami sudah bentuk posko pengaduan yang ada di setiap kesatuan. Jadi masyarakat bisa langsung melaporkan jika ada anggota yang tidak netral," tegas Pangdam.


Mengingat begitu pentingnya sikap netral guna mewujudkan profesionalisme TNI dan mensukseskan Pesta Demokrasi, Pangdam mengatakan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan pasukan untuk membantu kelancaran Pemilu 14 Februari 2024 mendatang, agar berlangsung kondusif, aman dan damai sesuai harapan.


"Tentunya, harapan kita semua, Pemilu di Bali nanti berjalan damai, tertib dan aman. Kita hindari jangan sampai terjadi permasalahan, karena kita di Bali ini merupakan barometernya Indonesia. Oleh karenanya, kami mengajak seluruh awak media yang ada di Bali ini untuk membantu mensukseskan Pemilu dengan sajian-sajian berita berkualitas yang sesuai dengan fakta dan kaidah jurnalistik," ujar Pangdam.


Terkait tagline “TNI AD Bersama Rakyat, Menyatu dengan Alam” yang diusung Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Pangdam menyebutkan bahwa tagline tersebut diimplementasikan di wilayah Kodam IX/ Udayana dengan berbagai aksi, berupa menanam pohon, membersihkan pasar, sungai, danau, laut bahkan gunung.


"Kodam IX/Udayana bersinergi dengan Pemerintah Daerah di Provinsi Bali, NTB dan NTT dalam menjalankan Program TNI AD Bersama Rakyat Menyatu dengan Alam. Misalnya saat penanaman pohon dan membersihkan kawasan Gunung Rinjani di Lombok dan Danau Batur di Bali, serta kegiatan Karya Bakti lainnya yang telah dilaksanakan di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana," demikian jelas Pangdam.


Acara Simakrama yang penuh dengan suasana kekeluargaan tersebut dihadiri juga oleh Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Danpomdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Kakumdam IX/Udayana, Dandim 1611/Badung, Kasansidam IX/Udayana, serta para Wartawan Media Online, Elektronik dan Cetak se Bali. (Pendam IX/Udy)

Komentar

Tampilkan

Terkini