Iklan

Nasional

Guna Tingkatkan Kemampuan Prajurit TNI AL, Dankodiklatal Resmi Buka Latsunnaslat

admin
Senin, 26 Februari 2024, Februari 26, 2024 WIB Last Updated 2024-02-26T09:57:20Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Surabaya-Guna meningkatkan kemampuan prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam merencanakan kegiatan operasi dan latihan, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono resmi menyatakan pembukaan Latihan Penyusunan Naskah Latihan (Latsunnaslat) TA. 2024, bertempat di Gedung Soedomo JOPR Kodiklatal, Bumimoro Surabaya.  Senin (26/02/2024).


Selaku Direktur Latihan (Dirlat), Dankodiklatal mengatakan bahwa, dalam bidang kegiatan latihan, kemampuan tersebut dapat terukur berdasarkan kemampuan suatu manajemen penyelenggaraan latihan yang baik, meliputi tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran. Sedangkan dalam rangka latihan operasi militer untuk perang maupun operasi selain perang, salah satu aspek dari perencanaan latihan tersebut adalah penyusunan Naskah Latihan.


Adapun Naskah Latihan meliputi Rencana Garis Besar (RGB) Latihan, Buku I, Buku II A, Buku II B serta Buku III pada tahap pengakhiran, sehingga dipandang perlu dilaksanakan latihan penyusunan naskah latihan setingkat Latihan Gabungan TNI bagi Perwira TNI Angkatan Laut agar mampu dan menguasai prosedur serta mekanisme penyelenggaraan latihan dengan baik.


"Latihan Penyusunan Naskah ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan para Perwira TNI AL dalam merencanakan dan menyusun naskah latihan, sehingga diharapkan pada akhir pelaksanaan latihan Sunnaslat ini, para pelaku yang menjabat sebagai Dirlat, Wadirlat, Kelompok Perancang Latihan (KPL) dan Staf Latihan (SL), menguasai dan mahir serta mampu bekerja sama untuk menyusun Naskah Latihan setingkat Latihan Gabungan TNI", jelas Letjen Nur Alamsyah.


Lebih lanjut, latihan penyusunan naskah merupakan salah satu program latihan integratif TNI AL yang dilaksanakan setiap tahun.  Namun, latihan ini jangan hanya sekedar rutinitas tahunan.  Seluruh peserta hendaknya dapat berperan aktif dalam upaya penyempurnaan konsep dalam sebuah penyelenggaraan latihan dengan melahirkan ide, gagasan dan inovasi baru yang bermanfaat.


Latihan penyusunan Naskah Latihan saat ini dilaksanakan secara Daring atau Vicon untuk Kolat A yang ada di Poskolat Koarmada I Tanjung Pinang, Kolat B di Poskolat Pasmar-1 Jakarta, Kolat E di Poskolat Koarmada III Sorong dan secara Tatap Muka untuk Kolat C, D dan F yang ada di Poskolat Kodiklatal dengan menggunakan metode E-Geladi Posko. Namun demikian tidak mengurangi esensi dan tujuan serta sasaran pelaksanaan latihan.


Dinas Penerangan Kodiklatal.

Komentar

Tampilkan

Terkini