Iklan

Nasional

Wakapolres Klungkung Hadiri Syukuran Gelar Pahlawan Nasional Ida Dewa Agung Jambe Raja Klungkung Xl

Tatag Gianyar
Senin, 27 November 2023, November 27, 2023 WIB Last Updated 2023-11-27T05:33:16Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Klungkung-Wakapolres Klungkung Kompol I Komang Sura Maryantika hadiri Perayaan Syukuran Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional Ida Dewa Agung Jambe Raja Klungkung Xl bertempat di Pendopo Puri Agung Klungkung, Pada Senin, 27/11/2023


Perayaan Syukuran Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional Ida Dewa Agung Jambe Raja Klungkung Xl dilaksanakan oleh Keluarga Puri Agung Klungkung dan Dinas Sosial Kabupaten Klungkung dengan tujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas gelar pahlawan nasional yang dianugrahkan kepada salah satu tokoh Raja Klungkung yaitu Ida Dewa Agung Jambe.


Hadiri Ida Dalem Semaraputra, Asisten Pemerintahan Denkesra Setda Prov Bali mewakili Plt. Gubenur Bali,  Plt Bupati Klungkung I Made Kasta,  Bupati/Walikota seProvinsi Bali yang diwakilkan, Ketua DPRD Prov Bali yg diwakilkan serta perwakikan dari Ketua DPRD seProv. Bali, Kapolda Bali yang diwakili Kabidkum Polda Bali, Pangdam lX/Udayana yang diwakilkan Staf Ahli Pangdam Bidang Sosbudhankam, Kasrem 163/WSA yang diwakili oleh Kasi Ops Korem 163/WSA,Perwakilan SKPD Prov. Bali, Perwakilan SKPD Kab. Klungkung, Ketua DPRD Klungkung, Bendesa Agung Majelis Adat Prov Bali,  Perwakilan Raja-Raja seNusantara, Perwakilan tokoh Puri seBali, Ketua lembaga umat Kabupaten Klungkung, Ketua FKUB Klungkung dan Ketua MDA Kab. Klungkung


Ida Dalem Semaraputra sebagai ahli waris Kerajaan Klungkung menyampaikan  Rasa Syukur kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa atas terselenggaranya kegiatan ini dan ucapan terimakasih dan kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir dalam acara angayubagia /rasa syukur pada kegiatan penganugrahan gelar Pahlawan Nasional Ida Dewa Agung Jambe Klungkung.


Dalam kesempatan tersebut Panglingsir Puri Agung menceritakan sejarah dari Pahlawan Ida Dewa Jambe Klungkung yang intinya Ida I Dewa Agung Jambe Klungkung merupakan seorang raja serta pendiri Kerajaan Klungkung pada tahun 1686 dan merupakan penerus Dinasti Gelgel. Ia adalah anak atau kerabat dari raja Kerajaan Gelgel sebelumnya, Dalem Di Made, yang kemudian memindahkan puri kerajaan ke Klungkung.


Atas keheroikan dari Ida Dewa Agung Jambe Klungkung tersebut Panglingsir puri Agung Klungkung mengusulkan melalui Dinas Sosial agar memperoleh Gelar kepahlawanan Nasional dan  untuk itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115-TK-TH2023 tertanggal 6 November 2023 Ida Dewa Agung Jambe Klungkung ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023.


Wakapolres Klungkung Kompol I Komang Sura Maryantika mengatakan dalam kegiatan Perayaan Syukuran Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional Ida Dewa Agung Jambe Raja Klungkung Xl kami dari Polres Klungkung telah melaksanakan kegiatan pengamanan baik itu dilokasi kegiatan maupun pengamanan lokasi parkir untuk para undangan yang hadir. Dengan hadirnya personel kami dilapangan ini bertujuan untuk menciptakan harkamtibmas yang aman dan kondusif serta kamseltibcarlantas yang lancar. (&)

Komentar

Tampilkan

Terkini