1.000 Kantong Ditargetkan Dalam Kegiatan Donor Darah Hari Juang TNI AD ke 78 di Wilayah Kodam IX/Udayana


Denpasar - Peringatan Hari Juang TNI AD yang sebelumnya bernama Hari Juang Kartika atau Hari Infanteri, merupakan peringatan peristiwa heroik Pertempuran Ambarawa yang berakhir dengan kemenangan gemilang dari Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin langsung oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman. Kemenangan tersebut diabadikan dalam bentuk Monumen Palagan Ambarawa.


Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke 78 tahun 2023 yang diselenggarakan secara terpusat dan tersebar di Kotama Jajaran TNI AD, Kodam IX/Udayana menggelar berbagai kegiatan sosial sebagai wujud komitmen dalam melestarikan tradisi TNI AD. Salah satunya yaitu kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan secara serentak di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana.


"Pelaksanaan Donor Darah menargetkan 1.000 kantong darah dengan rincian 400 kantong di wilayah Korem 161/Wira Sakti Provinsi NTT, 300 kantong di wilayah Korem 162/Wira Bhakti Provinsi NTB dan 300 kantong di wilayah Korem 163/Wira Satya Provinsi Bali," ungkap Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., dalam keterangannya saat menghadiri kegiatan Donor Darah di Living World Mall Denpasar, pada Selasa (12/12/2023).


Selain kegiatan Donor Darah, Pangdam menyampaikan bahwa Kodam IX/Udayana juga menggelar kegiatan Bakti Sosial pemberian santunan kepada Veteran, Warakawuri dan Anak Yatim Piatu, serta kegiatan Karya Bhakti penanaman pohon, pembersihan pasar, saluran air dan tempat umum lainnya. Kegiatan Ziarah Rombongan pun turut dilakukan, hingga pada puncak acara Peringatan Hari Juang TNI AD pada 15 Desember 2023 mendatang.


"Sesuai dengan tema yang diusung yaitu 'TNI Angkatan Darat Maju Bersama Rakyat', tentunya TNI AD tidak akan dapat berdiri sendiri menjaga kedaulatan bangsa dan negara ini. TNI hanya merupakan kekuatan inti, namun kedaulatan bangsa dan negara ini harus dilakukan bersama-sama dengan rakyat. Sebab, TNI AD berasal dari rakyat, untuk rakyat dan berjuang bersama-sama dengan rakyat," pungkas Mayjen Harfendi.


Lebih lanjut, Pangdam IX/Udayana mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap wujud Kemanunggalan TNI Rakyat di wilayah Kodam IX/Udayana yang tetap terjaga dan berjalan dengan baik dalam berbagai sinergi kegiatan yang dilaksanakan. Pangdam berharap sinergi dan kondusifitas hubungan antara TNI AD dengan seluruh komponen masyarakat agar dijaga dan terus ditingkatkan untuk kemajuan bangsa dan negara. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

0 Komentar