Lestarikan Alam Danau Batur Kintamani, Pangdam IX/Udayana Gelar Kegiatan Acara Karya Bakti


Bangli - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., beserta rombongan mengikuti acara kegiatan Karya Bakti di wilayah Kodim 1626/Bangli pada Senin (27/11/2023) bertempat di Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.


Dalam sambutannya Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa Karya Bakti ini mempunyai nilai penting karena dilaksanakan di Danau Batur yang merupakan kawasan Kaldera Gunung Batur yang terbentuk sekitar Dua Puluh Ribuan tahun dan sudah masuk dalam Geopark dunia (Global Geopark Network) UNESCO pada 20 September 2012. 


Selanjutnya kegiatan yang kita laksanakan sekarang adalah berupa penuangan Eco Enzyme, penebaran bibit ikan, penyerahan bibit pohon produktif kepada masyarakat dan pembersihan area danau. Eco Enzyme merupakan cairan multifungsi yang dihasilkan lewat proses fermentasi dari sampah organik yang berguna untuk menjernihkan, mengurai zat berbahaya dalam air, dan penormalan tingkat PH karena mengandung enzim aktif yang berasal dari mikro organisme yang telah diproses.


"Saya sampaikan kepada semua pihak untuk berkomitmen yang sama untuk melestarikan kawasan Geopark Gunung Batur dalam hal ini Danau Batur sebagai tempat yang dilindungi dan dijaga kelestariannya karena memiliki nilai ekologi dan warisan budaya yang berfungsi sebagai daerah konservasi, riset ilmu pengetahuan, edukasi, pelestarian budaya serta bermanfaat untuk masyarakat",harap Pangdam.


Diakhir sambutannya Pangdam mengucapkan terima kasih serta berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat Bangli khususnya serta dikawasan Danau Batur, hendaknya terus melestarikan terwujudnya lingkungan yang sehat, bersih dan indah.


Pada kegiatan tersebut Pangdam beserta rombongan dan undangan lainnya berkesempatan menuangkan cairan Eco Enzyme sebanyak 20 ton liter dan penebaran bibit ikan Nila/Mujair sebanyak  4.000 ekor ke danau Batur, penyerahan bibit pohon produktif kepada perwakilan Kelompok Tani diantaranya pohon jenis Alpukat sebanyak 200 pohon, Mangga sebanyak 100 pohon dan Albesia sebanyak 150 pohon. Serta penyerahan bantuan paket sembako sebanyak 100 Paket Sembako. kepada masyarakat


Selanjutnya setelah kegiatan Karya Bakti Pangdam beserta rombongan menuju Pura Ulun Danu Batur, Kec. Kintamani,  tiba di Pura tersebut Pangdam disambut oleh Dane Jro Gede Batur Duuran beserta Kesinoman Pura Ulun Danu Batur. Pangdam pada kesempatan tersebut juga menyerahkan Dana Punia untuk Pura Ulun Danu Batur yang diterima oleh Dane Jro Gede Batur Duuran sebagai pengempon Pura.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain : Pj. Gubernur Bali, Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Danrem 163/WSA, Pa Sahli Pangdam IX/Udy, Wakil Bupati Bangli, Ketua DPRD Kab. Bangli, Kajari Bangli, Asrendam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, LO AL, LO AU, Ka Bintaljarahdam IX/Udy, Dandim 1626/Bangli, Wakapolres Bangli serta undangan lainnya (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

0 Komentar