Pangdam IX/Udayana : TNI Siap Bantu Pemda dan BPBD Atasi Kebakaran TPA Suwung


Denpasar- Kebakaran hebat terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar, Bali, sejak hari Kamis (12/10/2023). Kebakaran melanda TPA Suwung mengakibatkan Asap yang membumbung tinggi terpantau hingga ke Jalan Bypass Ngurah Rai dan Pesanggaran Denpasar. Tim Gabungan TNI-Polri dan Pemadam Kebakaran Kota Denpasar hingga Minggu (15/10/2023) masih berjibaku memadamkan kebakaran yang terjadi di TPS Suwung Kangin. 


Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc didampingi Danrem 163/WSA, Asops Kasdam IX/ Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Danlanal Denpasar, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Dandim 1611/Badung, Kapolresta Denpasar, Wali Kota Denpasar, Kalaksa BPBD Prov. Bali dan Kepala UPT Pengolahan sampah TPA Suwung langsung meninjau lokasi kebakaran tersebut, Senin (16/10/2023).


Kepala Pelaksana BPBD Prov. Bali I Made Rentin menyampaikan kepada Pangdam bahwa kedalaman api sudah mencapi 7 sampai 8 meter dari permukaan tumpukan sampah dan timnya terus berusaha melaksanakan pemadaman api dengan menggunakan alat besar dan penyiraman pemadam kebakaran yang dimiliknya. 


Sedangkan menurut Wali Kota Denpasar  I Gusti Ngurah Jaya Negara bahwa pihaknya sudah dibantu alat besar oleh kementrian guna untuk menggaruk sampah sampai kebawah sekalian disiram dengan air damkar. Penangan yang kita lakukan membuat petak-petak agar api tidak bisa menjalar kemana mana. “Kita juga sudah menggunakan bahan flame freese untuk memadamkan api, nantinya akan kita gunakan busa tersebut hanya dengan kedalaman sampai 1,5 meter”.ujarnya. 


Mendengar penjelasan tersebut Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa kebakaran yang terjadi sudah berjalan cukup lama dan sudah mengerahkan berbagai upaya seperti pengerahan mobil tangki pemadam kebakaran, helikopter bahkan saat ini sampai menggunakan injeksi akan tetapi api masih juga belum bisa dipadamkan.


Lebih lanjut Pangdam menyampaikan kita sudah berkolaborasi  dengan BPBD, pemerintah daerah, TNI dan Polri untuk menangani masalah ini. Persoalan sampah  merupakan persoalan sangat felik bagi kita semua sehingga tidak bisa diselesaikan dengan hanya satu bagian saja, “TNI siap membantu sesuai apa yang diminta pemerintah daerah dan BPBD termasuk berapapun tenaga yang dibutuhkan akan disiapkan”,tegas Pangdam.


Pangdam juga mengucapkan terimakasih atas kerja keras Tim yang terlibat dalam penanganan bencana kebakaran ini yang sudah mengerahkan segala upaya dan kemampuannya untuk memadamkan api, Pangdam mengharapkan masalah kebakaran TPA Suwug segera bisa teratasi dengan baik. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

0 Komentar