Iklan

Nasional

Kapolres Tabanan Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Agung 2024

Admin Bali
Sabtu, 02 Maret 2024, Maret 02, 2024 WIB Last Updated 2024-03-02T03:19:52Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Tabanan-Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes ,S.H.,S.I.K.,M.H, memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Ops Keselamatan Agung 2024 bertempat di Lapangan apel Mapolres Tabanan,Sabtu  ( 2/3/2024 ) 


Dalam apel tersebut selain melibatkan para PJU  dan Kapolsek jajaran juga Anggota yang terseprint serta Kepala Jasa Raharja Kab. Tabanan juga Personil Kodim 1619, Dishub dan Saka Bhayangkara. 


Dalam amanat Kapolda Bali yang dibacakan oleh Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes ,S.H.,S.I.K.,M.H, menyampaikan  bahwa  lalu lintas dan Angkutan jalan adalah elemen vital dalam menunjang kegiatan perekonomian dan pembangunan.


Untuk  peningkatan aktivitas berlalu lintas adalah salah satu indikator berkembangnya kegiatan perekonomian suatu daerah. Sebagai daerah destinasi wisata internasional, kegiatan perekonomian masyarakat di bali tergolong cukup padat karena masyarakat yang melakukan aktivitas Di bali juga berasal dari luar Bali.


Kita lihat di beberapa wilayah Bali seperti kota Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan yang menunjukkan adanya peningkatan arus lalu lintas yang cukup signifikan. Hal ini juga menimbulkan permasalahan dimana peningkatan jumlah kendaraan tidak diimbangi dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas prasarana jalan, sehingga mengakibatkan kemacetan hingga kecelakaan lalu lintas.


Berdasarkan data yang dihimpun oleh Ditlantas polda Bali, selama tahun 2023 terjadi sebanyak 7.454 kasus laka lantas. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 102% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 sebanyak 3.692 kejadian. Berbagai kejadian lakalantas selama tahun 2023 mengakibatkan korban jiwa sebanyak 615 orang atau mengalami peningkatan sebesar 21% dibandingkan tahun 2022 dengan jumlah korban meninggal sebanyak 508 orang, rata-rata yang menjadi korban laka lantas adalah masyarakat usia produktif.


"Operasi lalu lintas kali ini, akan kita Laksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal 4 s.d 17 maret 2024 dengan melibatkan sebanyak 385 personel polda bali dan turut di dukung oleh personel dari instansi terkait" jelas Kapolres Tabanan 


Dalam Operasi keselamatan kali ini, kita mengedepankan pola tindakan preventif, edukatif dan persuasif secara humanis kepada masyarakat, serta turut di dukung upaya gakkum lantas dengan sasaran pelanggaran kasat mata, seperti pengendara yang tidak menggunakan helm sni maupun safety belt, pengendara melawan arus dan pengendara yang menyebabkan kemacetan maupun potensi gangguan lalu lintas. 


Lebih dari itu, Kegiatan operasi kali ini juga dilaksanakan sebagai upaya cipta kondisi menjelang menjelang hari raya idul fitri 1444 hijriyah tahun 2024 yang jatuh pada bulan april nanti.


" Mari kita awali kegiatan dengan doa, utamakan keselamatan pribadi dan sesama rekan saat bertugas dan seluruh personel yang terlibat operasi agar melaksanakan tugas sesuai sop dan rencana operasi yang telah ditentukan" lanjut Kapolres Tabanan 


Hindari sifat arogan, kedepankan tindakan simpatik dan humanis kepada masyarakat dan jangan melakukan tindakan pungli maupun pemerasan sekecil apapun kepada masyarakat serta  sikap kontra produktif yang dapat menurunkan citra polri di mata masyarakat.


"Bangun koordinasi dan komunikasi yang baik dengan berbagai stakeholder terkait. Apabila terdapat permasalahan segera laporkan kepada pimpinan secara berjenjang" tutup Kapolres Tabanan 


( Humas Polres Tabanan )

Komentar

Tampilkan

Terkini