Iklan

Nasional

Empat Kabupaten di Wilayah Kodam IX/Udayana Akan Gelar TMMD ke 119

Tatag Gianyar
Rabu, 07 Februari 2024, Februari 07, 2024 WIB Last Updated 2024-02-07T07:56:19Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Denpasar - Melalui Video Conference (Vidcon), Kodam IX/Udayana mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 119 Tahun 2024 di Command Centre Soekertijo, Makodam IX/Udayana, Denpasar, pada Rabu (7/2/2024).


Rakornis yang dilaksanakan secara terpusat di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, tersebut dibuka oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P. Sementara Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., M.Tr.(Han) hadir memimpin Vidcon di Command Centre Soekertijo.


Selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasi (PJO) TMMD, Aster Kasad dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para Bupati dan Walikota beserta jajarannya yang sangat berkomitmen untuk mengalokasikan APBD dalam rangka mendukung program TMMD tahun 2024.


"TMMD Ke-119 TA. 2024 ini akan dilaksanakan selama empat kali dalam setahun. Perubahan ini telah mendapatkan persetujuan dari pimpinan TNI dan Kementerian Dalam Negeri RI selaku Pembina penyelenggaraan pemerintahan di daerah, yang mana sebelumnya bahwa TMMD dilaksanakan tiga kali dalam setahun," ujar Kasad. 


Lebih lanjut Aster Kasad menyampaikan bahwa Rakornis TMMD ke 119 merupakan tahap persiapan sebelum dimulainya program yang rencananya akan dilaksanakan serentak di 50 Kabupaten/Kota, dimulai pada tanggal 20 Februari sampai dengan 20 Maret 2024 mendatang.


"Tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi terkait penjelasan TMMD sebagai sarana untuk berkomunikasi secara langsung, dengan harapan bahwa pelaksanaan kegiatan TMMD ke 119 TA. 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga kita pahami kegiatan TMMD ini bukan domain dari TNI saja tetapi merupakan kegiatan yang terpadu dan terintegrasi dengan seluruh Kementerian, Lembaga Daerah dan komponen masyarakat," jelas Aster Kasad.


Usai sambutan Aster Kasad, Pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI memberikan paparan terkait lingkungan, dilanjutkan dengan paparan tentang rencana pelaksanaan TMMD dan tentang rencana Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke 119 TA. 2024.


Untuk diketahui, Program TMMD ke 119 TA. 2024 di wilayah Kodam IX/Udayana akan dilaksanakan di 4 Kabupaten, yaitu di wilayah Kodim 1602/Ende (Provinsi NTT), Kodim 1618/Timor Tengah Utara (Provinsi NTT), Kodim 1606/Mataram (Provinsi NTB) dan Kodim 1623/Karangasem (Provinsi Bali).


Turut hadir mendampingi Kasdam dalam kegiatan tersebut diantaranya Kasrem 163/WSA, Aster Kasdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Dandim 1623/Karangasem, Pabanda Bakti TNI Sterdam IX/Udayana, Pasiter Korem 163/WSA, Wakil Bupati Karangasem, Ketua DPRD Kab. Karangasem, serta Kabid Koordinasi Perencanaan Infrastruktur dan Kewilayahan Kab. Karangasem. (Pendam IX/Udy)

Komentar

Tampilkan

Terkini