Iklan

Nasional

Kodim 1022/Tnb memperingati Hari Bela Negara ke-75

admin
Selasa, 19 Desember 2023, Desember 19, 2023 WIB Last Updated 2023-12-19T05:02:17Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Tanah Bumbu – Kodim 1022/Tnb memperingati Hari Bela Negara ke-75 bertempat di Halaman Makodim 1022/Tnb, Selasa (19/12/2023).


Bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Bela Negara tersebut Komandan Kodim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Aldin Hadi, S.H M.Tr(Han). Diwakili Kasdim 1022/Tnb Mayor Inf Priya Firmansyah S.E.


Peringatan HBN tahun 2023 ini mengangkat tema “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju”.


Dalam sambutanya Presiden RI Joko Widodo, dibacakan Kasdim 1022/Tnb Mayor Inf Priya Firmansyah S.E menyampaikan Tantangan ke depan semakin tidak terduga, kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.


Sebagai warga negara kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Oleh karena itu, Kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing, serta memiliki kesadaran bela negara.


“Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara ,” ucapnya.


Adapun yang menjadi nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air , sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara.


Nilai-nilai inilah, yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara, baik itu dilingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.


Mengakhiri sambutanya, Kasdim mengajak seluruh anggota jajaran Kodim 1022/Tnb untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing untuk ikut serta dalam bela negara.


“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Kasdim.


Hadir pada upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75, Seluruh Anggota Kodim 1022/Tnb, Kompi Senapan B 623/BWU, Subdenpom VI/2-3 Batulicin dan Komcad Kodim 1022/Tnb. (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini