Iklan

Nasional

Pengamanan Ibadah Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 di Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh

Admin
Minggu, 04 Juni 2023, Juni 04, 2023 WIB Last Updated 2023-06-04T05:21:36Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


GIANYAR BLAHBATUH-Personel Gabungan Polres Gianyar dan Polsek Blahbatuh melaksanakan pengamanan Ibadah Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Vihara Amurva Bhumi, Minggu/4 Juni 2023.


Secara etimologis, kata waisak berasal dari bahasa Pali, yakni wesakha. Berdasarkan laman resmi Universitas Gajah Mada, Hari Raya Waisak adalah hari besar umat Buddha untuk memperingati 3 peristiwa: hari lahir Sidharta Gotama (calon Buddha Gautama), momen Sidharta mendapatkan pencerahan ilmu, dan hari mangkatnya Buddha.


Pada tahun ini, tema Hari Raya Waisak yang dibawakan adalah "Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma Di Dalam Kehidupan Sehari-Hari". Sementara itu, subtemanya adalah "Momentum Waisak Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Serta Perdamaian Dunia".


Sebagai ibadah di Vihara Amurva Bhumi, sudah dimulai sejak Pukul 10.30 wita diawali persembahyangan dipimpin Romo Ekawirawa dilanjutkan upacara Pradaksina umat mengelilingi halaman Vihara sebanyak 3 kali.


Prosesi pradaksina ini bertujuan untuk memohon keselamatan serta kesehatan kepada sang Budha kemudian dilanjutkan dengan prosesi Darmasala atau persiapan doa dan meditasi yang dilaksanakan dipelataran Budha / Gedung serbaguna untuk berdoa bersama merayakan detik-detik hari raya Tri Suci Waisak 


Pengamanan kegiatan Ibadah  Hari Raya Tri Suci Waisak dipimpin oleh Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama,.S.H. dengan melibatkan pers Polres Gianyar dan Polsek Blahbatuh sesuai Sprint Kapolres Gianyar Nomor : 885/VI/PAM.3.3 /2023 tanggal 1 Juni 2023 dengan kuat 58 personil.(Hms)

Komentar

Tampilkan

Terkini