Amankan Rumah Saat Mudik, Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Ajak Warga Aktifkan Siskamling


Gianyar - Memasuki masa mudik lebaran, Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Aiptu I Made Widastra sambangi UD. Linda Rotan di Jalan Raya Tebongkang Singakerta mengajak warga didesa binaannya untuk kembali mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di Banjar masing-masing. Kamis (28/03/2024)


“Ini sesuai dengan atensi Kapolsek Ubud, partisipasi warga dalam menjaga keamanan melalui Siskamling sangat diperlukan untuk mencegah tindak kejahatan dilingkungannya masing-masing,” kata Aiptu Widastra.


Bhabinkamtibmas juga kata Widastra, telah berkoordinasi dengan Kepala Kewilayahan di desa binaan untuk meminta warga, agar melapor pada Kepala Kewilayahan terlebih dahulu sebelum bepergian untuk mudik.


“Warga yang akan mudik juga diminta untuk memberitahu pada tetangga sekitar, sehingga rumah yang ditinggalkan mudik dapat dilakukan pengawasan bersama-sama,” ujarnya.


Di temui Pemilik UD Linda Rotan Bpk Purwanto yang beralamat di Jalan Raya Tebongkang, Desa Singakerta, dan Kepala Pecalang Desa Adat Tebongkang I Wayan Suwarja, Bhabinkamtibmas Desa Singakerta meminta kepada mereka berdua agar masyarakat tak meninggalkan barang-barang berharga di dalam rumah. Dan juga masyarakat diminta untuk mengecek ulang segala hal yang berpotensi menimbulkan bahaya saat meninggalkan rumah.


“Tolong infokan ke tetangga terdekat terutama Kepala Kewilayahan atau Ketua Pecalang agar bisa dipantau keberdaan rumah tersebut Katanya

Untuk mencegah aksi kejahatan menjelang lebaran, Kepala Pecalang Tebongkang mengatakan telah berkordinasi juga dengan Bhabinkammtibmas dan Babinsa untuk melakukan upaya pencegahan dengan melaksanakan patroli ditempat rawan terutama pemukiman penduduk yang ditinggal mudik.


“Meskipun Kepolisian telah meningkatkan patroli, diharapkan kekompakan warga dalam melaksanakan Siskamling dapat menciptakan lingkungan yang aman selama mudik lebaran,” kata Widastra. (dastro)

Posting Komentar

0 Komentar