Kapolda Bali Pimpin Penyerahan DIPA T.A. 2024 dan Penandatanganan Pakta Integritas Satker Dan Satwil Jajaran Polda Bali

 


Bali-Penyerahan DIPA kepada satker dan satwil jajaran yang dilaksanakan oleh Polda, merupakan proses lanjutan dari proses penyerahan DIPA oleh Presiden RI kepada Kementerian atau Lembaga dan para Gubernur se-Indonesia.


Berkaitan dengan hal tersebut, Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., memimpin acara Penyerahan dan Sosialisasi DIPA Tahun Anggaran 2024 serta Penandatanganan Pakta Integritas Satker Jajaran Polda Bali oleh Kapolda Bali, yang bertempat di Ballroom Hotel Grand Santhi, Denpasar, Jumat (15/12/2023).


Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Bali Brigjen. Pol. Dr. I Gusti Kade Budhi Harriarsana, S.I.K., S.H., M.Hum., Irwasda Polda Bali Kombes. Pol. Arief Prapto Santoso, S.I.K., S.H., M.H., Karo Rena Polda Bali Kombes. Pol. Daiel Widya Mucharam, S.I.K., M.P.A., Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali Pembina Utama Madya (IV/d.) Teguh Dwi Nugroho serta seluruh PJU dan Kapolres jajaran Polda Bali.


Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Doa, paparan dari Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali, paparan Karo Rena Polda Bali, penandatanganan Pakta Integritas dan penyerahan DIPA RKA-K/L T.A. 2024 secara simbolis oleh Kapolda Bali kepada Kasatker dan Kasatwil jajaran Polda Bali, serta dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada personel yang berprestasi, dan foto bersama Kapolda Bali.


Selanjutnya dalam menyampaikan sambutan, Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., menyampaiakan bahwa hingga saat ini penyerapan anggaran satker dan satwil jajaran Polda Bali telah mencapai angka 97,26%. Capaian tahun ini memang belum dapat mencapai capaian penyerapan anggaran pada Tahun 2022 yang mencapai 99,44%. Sehingga diharapkan pada sisa waktu yang tersedia, nantinya setiap kasatker dan kasatwil jajaran memaksimalkan penyerapannya anggaran DIPA yang tersedia.


_“Saya minta kepada para kasatker dan kasatwil jajaran untuk memaksimalkan penyerapan anggaran dengan sisa waktu yang ada saat ini. Semoga pada akhir tahun nanti, kita mampu menyerap dan merealisasikan anggaran kita dengan angka yang sama bahkan melebihi capaian pada tahun sebelumnya,”_ ucapnya.


Selanjutnya dalam amanatnya, salah satu Jenderal terbaik asal Bali ini juga menyampaikan bahwa jumlah anggaran yang diterima pada tahun 2024 mengalami peningkatan sebesar 3% dibandingkan tahun 2023, sehingga dengan peningkatan tersebut setiap satker dan satwil harus dapat dikelola dan manfaatkannya dengan baik sesuai dengan petunjuk penggunaan anggaran dari Mabes Polri. 


_“Sesuai dengan kebijakan Pemerintah dan pimpinan Polri, kita memiliki enam sasaran prioritas dalam penggunaan 7 anggaran tahun 2024, diantaranya yaitu untuk menjamin keamanan, kualitas layanan publik, dan profesionalisme sdm polri, pemenuhan sarana prasarana dalam almatsus pilpres serta program digitalisasi,”_ imbuhnya.


Kegiatan penyerahan dan sosialisasi DIPA ini dilaksanakan menjelang akhir tahun dengan tujuan untuk menjamin bahwa proses kegiatan serta pencairan anggaran atas DIPA satker T.A. 2024 dapat dimulai tepat pada awal tahun anggaran. Penyerahan DIPA yang dilaksanakan saat ini, memiliki makna yang sangat penting karena pada tahun 2024 nanti merupakan tahun terakhir dari perjalanan Renstra Polri dan Polda Bali Tahun 2020-2024. (*)

Posting Komentar

0 Komentar