Polsek Blahbatuh Implementasikan Sipandu Beradat, Amankan Upacara Pitra Yadnya


GIANYAR BLAHBATUH-Bankamda dan Forum Sipandu Beradat merupakan bentuk kemitraan Polisi dengan masyarakat berbasis community policing, yang memiliki komponen antara lain Bankamda, pecalang, linmas, satpam dan komponen keamanan lainnya di bawah binaan Bhabinkamtibmas dan Babinsa di tingkat desa adat.


Dibentuknya Bantuan Keamanan Daerah - Bankamda, dan Forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat - Sipanduberadat, sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Keamanan Swakarsa, serta implementasi dari Pergub Bali Nomor 26 tahun 2020


Dijelaskan Oleh Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama,S.H. bahwa Keberadaan dua lembaga di daerah ini diharapkan bisa mendukung keamanan nasional serta menyelesaikan konflik adat yang masih sering terjadi di daerah serta  mendukung program pemerintah melalui pendekatan secara adat. 


" Salah satunya dalam hal pengamanan kegiatan masyarakat, Peranan Sipandu Beradat berkolaborasi untuk menjamin kelancaran kegiatan masyarakat" Ujarnya


Terpantau Bhabinkamtibmas Keramas Aiptu I Made Artika bersama Pecalang Adat Keramas bersinergi melaksanakan pengamanan dan pengawalan kegiatan Pitra Yadnya di Desa Keramas, Rabu/22 November 2022.


Tambahan informasi, bahwa Pecalang merupakan bentuk pengamanan tradisional masyarakat Bali yang memiliki peran penting dalam menjaga wilayah adatnya.


"Kolaborasi kami dengan Pecalang dalam hal pengamanan dan Harkamtibmas terjalin sangat baik, melalui komunikasi yang baik dengan masyarakat niscaya stabilitas keamanan dapat terjaga dengan baik, pungkas Kompol Made Tama. (*)

Posting Komentar

0 Komentar