Polres Klungkung Gelar Lat Pra Ops "Ops Mantap Brata Agung 2023 – 2024”


Klungkung-Polres Klungkung Menggelar Lat Pra Ops "Ops Mantap Brata Agung 2023 – 2024” bertempat di Aula Vihara Dharma Ratna, Pada Senin, 16 Oktober 2023


Kegiatan Lat Pra Ops "Ops Mantap Brata Agung 2023 - 2024 Polres Klungkung dengan tema meningkatkan kemampuan Personil Polri dalam rangka pengamanan kegiatan Pemilihan Umum Tahun 2024 guna terciptanya situasi yang aman dan kondusif di Daerah Bali.


Dihadari Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta didampingi Wakapolres Klungkung Kompol I Komang Sura Maryantika, bersama dengan Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika dan Para PJU, Kapolsek Jajaran dan Seluruh Personel Polres Klungkung yang terlibat Lat Pra Ops.


Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta saat membuka Lat Pra Ops “Ops Mantap Brata Agung 2023 – 2024” bahwa Kegiatan ini harus dilaksanakan sebelum dilaksanakannya Operasi Kepolisian, Dengan dilaksanakannya kegiatan Lat Pra Ops ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personil di dalam melaksanakan Operasi Mantap Brata Agung 2023 - 2024.


Bahwa Operasi ini bertujuan untuk terciptanya keamanan pada penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024. Saat ini tahapan Pemilu sudah dimulai yang mana sampai saat ini kita tetap melakukan monitoring terhadap perjalanan situasi masa tahapan Pemilu tahun 2024.


Mohon kepada Bapak Ketua KPU Klungkung dan Bawaslu dapat memberikan arahan terkait Pemilu, serta para Instruktur memberikan materi yang singkat dan padat kepada peserta Lat Pra Ops. Ucap Kapolres Klungkung 


AKBP I Nengah Sadiarta  menambahkan untuk Kasiwas agar melaksanakan Pengawasan mulai dari tahap perencanaan dan pelaksanaan, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar. Pungkasnya


Pembekalan dari Bawaslu Kab. Klungkung I Komang Supardika menyampaikan bahwa Pemilu 2024 merupakan babak baru dan pertama kali dilaksanakan dimana ditahun 2024 melaksanakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPRD RI, Provinsi, Kabupaten / Kota dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.


Tugas dan fungsi kami di Bawaslu yakni mengawasi jalannya Pemilu tahun 2024, khususnya di Kabupaten Klungkung sesuai dengan UU No. 7 tahun 2017. Disamping Itu juga untuk Personel dari TNI, Polri dilarang untuk ikut tergabung dalam Tim Kampanye maupun Tim Sukses pasangan Calon.


Pembekalan dari KPU Klungkung I Gusti Lanang Mega Saskara mengatakan bahwa  Dasar KPU melaksanakan tugas yakni UU No. 7 tahun 2012 tentang Pemilihan Umum. Pemilu adalah sarana Kedaulatan rakyat untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota secara Serentak.


Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika Juga menyampaikan Selain itu, Latpraops ini juga merupakan wadah untuk memahami tata cara dan prosedur operasi yang harus diikuti oleh personel Polri dalam melaksanakan tugas-tugasnya selama Pemilu. 


Kami berharap agar semua pihak dapat bekerja sama secara sinergis demi keberhasilan pelaksanaan Pemilu yang aman dan sukses. Latihan pra-operasi ini menjadi salah satu langkah penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye dan pemungutan suara. 


Selanjutnya di lanjutkan dengan Pemaparan dari masing masing Kasatgas dalam menyampaikan meteri terkait dengan tugas tugas masing-masing selam melaksanakan Operasi. (*)

Posting Komentar

0 Komentar