Pangdam IX/Udayana Hadiri Rakor Penanganan Darurat Bencana Kekeringan dan Kebakaran di Provinsi Bali


Denpasar - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Kekeringan serta Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Bali yang dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., dan Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, bertempat di Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, pada Kamis 19 Oktober 2023.


Diselenggarakannya Rakor tersebut didasari oleh perkembangan cuaca ekstrim yang saat ini terjadi di wilayah Provinsi Bali, yang berdampak pada kebakaran di beberapa tempat, yaitu Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Karangasem, serta di TPA Suwung Denpasar, TPA Mandung Tabanan dan TPA Temesi Gianyar.


Dalam Rakor tersebut, Pj. Gubernur Bali mengucapkan terima kasih atas dukungan moril dan personel dari Kodam IX/Udayana dalam mendukung mengatasi kebakaran TPA. Dibahas juga mengenai upaya penanganan kebakaran lahan dan kekeringan yang belakangan makin meluas di wilayah Bali.


"Dengan adanya bencana kebakaran yang terjadi di beberapa TPA, mengharuskan Pemerintah Daerah untuk mengeluarkan status tanggap darurat. Hal ini guna menggandeng seluruh pihak untuk mendukung percepatan penanganan bencana kebakaran," ujar Pj. Gubernur.


Menanggapi hal tersebut, Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa saat ini Kodam IX/Udayana siap mendukung personel dalam penanganan bencana kebakaran di wilayah Provinsi Bali. Prajurit Kodam IX/Udayana juga sudah ikut aksi dalam memadamkan api di TPA Suwung, Denpasar.


"Saat ini, kami telah mengerahkan sejumlah personel dan materiil untuk membantu percepatan penanganan kebakaran. Terdapat puluhan prajurit Yonif 900/SBW dan Denkav 4/SP yang kini telah berada di TPA Suwung. Selain itu, dari Bekangdam IX/Udayana juga sudah menyiapkan dan mendirikan Velbed di Posko Penanggulangan Kebakaran TPA Suwung," ungkap Pangdam.


Lebih lanjut Pangdam menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan tindakan kontinjensi dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Perbantuan personel pemadaman kebakaran tersebut dilaksanakan sampai dengan selesainya status tanggap darurat atau kegiatan penanganan kebakaran TPA Suwung.


Diakhir kegiatan, Kepala BNPB menyerahkan dukungan bantuan peralatan siaga darurat bencana kekeringan Provinsi Bali untuk Kodam IX/Udayana berupa 3 set Alat Komunikasi Rig Mobile & Roip Gateway, 120 unit Hytera PNC380 dan 100 unit Hytera BP568.


Turut hadir dalam Rakor tersebut diantaranya Kabinda Bali, Aster Kasdam IX/Udayana, Kasrem 163/WSA, Sekda Provinsi Bali, Danlanal Denpasar, Danlanud Ngurah Rai, serta Pejabat Walikota/Bupati se Provinsi Bali dan para Dandim jajaran Korem 163/WSA. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

0 Komentar