Kunjungan Kapolda Papua di Merauke bahas Persiapan Pemilu 2024 bersama jajaran TNI-Polri


Jayapura - Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K, didampingi Kapoksahli Pangdam XVII/Cend, Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M dan Kabag Ops Binda Papua, Kolonel Inf Leo Rajendra R.B melaksanakan tatap muka bersama prajurit TNI-Polri di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, Selasa (10/10/2023).


Kegiatan yang berlangsung di Aula L. B. Moerdani Makorem 174/ATW ini dihadiri oleh sejumlah pejabat Utama Polda Papua, Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Agus Widodo, S.IP., M.Si serta sejumlah perwira baik dari TNI maupun Polri. Selain itu, tampak hadir pula para Kapolres dan Dandim se Provinsi Papua Selatan, serta segenap prajurit TNI-Polri di Kabupaten Merauke.


Dalam sambutannya, Danrem 174/ATW mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapolda Papua yang telah mengunjungi Mako sebanyak dua kali. Ia menekankan pentingnya soliditas dan sinergitas antara TNI dan Polri di Merauke dalam menghadapi tahun politik 2024.


Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K., juga memberikan arahan penting dalam pertemuan tersebut. Dirinya menyoroti betapa pentingnya soliditas TNI-Polri di Merauke sebagai implementasi sinergitas. 


“Kegiatan Safari Pemilu ini kita laksanakan di masing masing Ibukota Provinsi karena sekaligus bertatap muka dengan prajurit TNI-Polri. Kehadiran kami diharapkan bisa memberikan semangat dan motivasi untuk menjaga kesatuan NKRI,” tuturnya.


Kapolda juga mengingatkan bahwa TNI-Polri merupakan pilar utama yang paling dipercayai oleh pimpinan negara dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, ia menekankan bahwa TNI-Polri harus memastikan semua tahapan Pemilu berjalan aman dan lancar.


“Saya yakin kalau kita TNI-Polri kompak, aktor aktor politik tidak akan berani berbuat aneh aneh. Saya tegaskan ke Kapolres supaya hak prajurit tidak boleh disunat. Tetap jaga integritas moral disaat pesta demokrasi berjalan,” ucapnya.


Mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih, Kapok Sahli Pangdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., menegaskan bahwa Kodam XVII/Cenderawasih siap mendukung Polri dalam pengamanan Pemilu 2024 dengan total 2.970 personel. Ia juga mengingatkan seluruh perwira untuk memberikan briefing kepada anggota hingga pangkat terendah agar bersinergi bersama Polri dan tetap netral dalam Pemilu 2024.


“Papua sebagai barometer pengamanan Pemilu 2024 karena masuk dalam daerah merah. Untuk itu jika kita berhasil maka akan menjadi kebangaaan tersendiri. Namun saya optimis khusus di Papua Selatan bisa aman dan lancar.,” tuturnya


Senada dengan hal tersebut, Kabag Ops Binda Papua Kolonel Inf Leo Rajendra R.B., dalam pesannya, menekankan pentingnya menjaga proporsionalitas, integritas, dan loyalitas terhadap bangsa dan negara. Dirinya mengingatkan agar TNI-Polri tidak ikut dalam politik praktis yang dapat membahayakan kepentingan nasional. Netralitas harus tetap dijaga dalam menjaga hak politik masyarakat.


Kunjungan ini diakhiri dengan penyerahan tali asih oleh Kapolda Papua kepada Korem 174/ATW sebagai bentuk penghargaan atas persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024. Kapolda Papua menegaskan bahwa Papua Selatan memiliki peran penting dalam pengamanan Pemilu, dan keberhasilan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu akan menjadi kebanggaan tersendiri.


Kunjungan ini menunjukkan keseriusan dan kesiapan aparat keamanan, baik TNI maupun Polri, dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses Pemilu 2024. Semua pihak diharapkan dapat menjaga netralitas dan integritas dalam menjalankan tugas-tugas mereka demi kepentingan bangsa dan negara.


Jayapura, 10 Oktober 2023


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.

Posting Komentar

0 Komentar