Tim Keladi Sagu Polri Obati Penderita ISPA di Pelosok Papua Tengah

 


Jayapura – Kepolisian Republik Indonesia secara konsisten terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di wilayah Papua. Pelayanan tidak hanya  hanya dalam segi keamanan namun juga turut membantu dalam pelayanan kesehatan. 


Hal tersebut diimplementasikan  personel Binmas yang tergabung dalam Satgas Ops Rasaka Cartenz 2023 Wilayah Kabupaten Puncak. Mereka melaksanakan Program Keladi Sagu (Kesehatan Lambang Diri Sehat Guna) kepada masyarakatnya di Kampung Kago, Puncak, Papua Tengah, Kamis (10/8/2023). 


Kompol Yosep Tato bersama 3 personelnya yakni Ipda Zainab S. Wakum, S.Kep, Bripda Muhammad Satrio, A.md.Kep dan Bripda Resky Tumonglo, A.md.Kep mengecek kondisi masyarakat yang mengeluhkan adanya gejala gangguan kesehatan. 


Sekitar 10 orang yang melaporkan keluhan kesehatannya kepada tim kesehatan Keladi Sagu di Kampung Kago. personel yang bertugas Tim menemukan dua warga yang menderita  penyakit ISPA.


“Dua penderita ISPA bernama Nikolaus Alom (52) dan Meus Tabuni (33. Kami melakukan melakukan penanganan medis dan memberikan obat-obatan untuk dikonsumsi secara teratur oleh warga ini,” ungkap Kompol Yosep selaku Kasubsatgas. 


Kompol Yoseph memaparkan,  masih ditemukan masyarakat di pedalaman Puncak kurang mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal. Karena itu, Polri membantu mengambil peran untuk mengatasi hal tersebut.


Ia menambahkan, ISPA hingga kini masih menjadi penyakit yang sering menyerang masyarakat di Kabupaten Puncak dari hasil temuan tim kesehatan Keladi Sagu selama enam bulan terakhir. 


Nikolaus Alom, salah seorang penderita ISPA di Kampung Kago mengaku sangat terbantu dengan kehadiran Program Keladi Sagu. Kondisinya berangsur membaik setelah beberapa bulan mendapatkan layanan dari tim kesehatan Keladi Sagu di Puncak. 


Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Rasaka Cartenz 2023 Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, mengatakan  Keladi Sagu menjadi kegiatan rutin yang terus ditingkatkan agar memberikan manfaat positif bagi  masyarakat Papua.


“Pihaknya juga berharap masyarakat jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Tujuannya agar mengantisipasi penyakit yang diderita secara lebih dini," tutur Kasatgas Humas.


Ia menyatakan Keladi Sagu merupakan salah satu upaya dari Satgas Rasaka Polda Papua untuk membantu pemerintah daerah setempat dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) khususnya di bidang kesehatan.


“Kabupaten Puncak, termasuk salah satu daerah di Papua Tengah dengan kategori IPM masih rendah yakni 45,44  berdasarkan data BPS pada akhir tahun 2022,” ucap Kombes Benny.


Jayapura, 10 Agustus 2023


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.

Posting Komentar

0 Komentar