Pangdam Tutup TMMD Ke -116, Wagub: TNI Milik Rakyat

  


TARAKAN – Pelaksanaan operasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 di wilayah Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman resmi ditutup oleh Panglima Daerah Militer (Pangdam) Mayjen TNI Tri Budi Utomo, S.E., Kamis (8/6/2023) di Tarakan.


Penutupan TMMD bertempat di Universitas Borneo Tarakan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) Dr. Yansen TP, M.Si.


Pada kesempatan itu, Wagub Yansen TP menyampaikan terima kasih kepada TNI dan seluruh pihak yang terkait atas terselenggaranya dengan baik TMMD Ke-116, khususnya yang dilaksanakan di Komando Distrik Militer (Kodim) 0907 Tarakan.


“Saya atas nama masyarakat Kaltara, khususnya Kota Tarakan dan atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara juga menyampaikan terima kasih kepada Pak Pangdam dalam hal ini mewakili TNI yang hari ini telah menutup kegiatan TMMD yang ke 116,” ucap Wagub Kaltara Yansen TP.


Pelaksanaan TMMD yang sudah mencapai 116 kali ini, kata Wagub, merupakan bukti TNI terus bersama Rakyat. “Satu pembuktian bahwa TNI itu milik Rakyat,” tegas Bupati Malinau periode 2011-2021 ini.


Sebab, lanjutnya, dari pelaksanaan TMMD itu yang paling utama adalah persoalan-persoalan yang selama ini tidak bisa ditangani oleh pemerintah daerah, bisa dituntaskan oleh TNI.


Oleh sebab itu, tentu menjadi sebuah harapan ke depan tidak hanya satu Kodim saja yang melaksanakan TMMD di Kaltara, tetapi dilaksanakan di semua Kodim. Sehingga penanganan persoalan krusial yang selama ini tidak bisa ditangani daerah bisa dituntaskan oleh TNI.


“Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada Pak Pangdam dan seluruh jajarannya serta prajuritnya atas semua karya bakti yang luar biasa untuk mengukuhkan kehidupan masyarakat bangsa dan negara di Kota Tarakan khususnya, di Kaltara pada umumnya,” harapnya. 


Usai menjadi inspektur upacara penutupan TMMD, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo menjelaskan, TMMD ke-116 bertujuan untuk membantu percepatan pembangunan pemerintah daerah. 


“Di pemerintahan daerah ada memang yang memang sudah dibangun dan kita ingin mempercepat pembangunan itu di seluruh sektor yang mungkin juga belum tersentuh oleh pemerintahan daerah,” kata Pangdam Mayjen TNI Tri Budi Utomo.


Jenderal bintang dua ini menegaskan, pada dasarnya adalah bagaimana pihaknya ingin agar TNI dengan rakyat ini tetap manunggal. Manunggalnya terus berlanjut sampai dengan terjadi ketahanan nasional.


Pangdam bersyukur dan memberi apresiasi kepada semua pihak terkait yang turut serta menyukseskan pelaksanaan TMMD, baik itu pemerintah provinsi maupun daerah serta prajurit TNI, Polri dan masyarakat yang terlibat karena pelaksanaan TMMD sesuai dengan yang direncanakan.


“Sesuai dengan yang direncanakan. Pada awal 30 hari sebelumnya itu kita sudah merencanakan dan sudah dipaparkan oleh masing-masing Kodim,” bebernya.


Adapun Kodim di wilayah Kodam VI Mulawarman yang melaksanakan TMMD tahun ini adalah Kodim 0907 Tarakan, Kodim 0912 Kutai Barat, Kodim 1002 Hulu Sungai Tengah dan Kodim 1004 Kotabaru.


“Mereka semua membuat perencanaan dan hasilnya memang sudah 100 persen terjawab dan sudah memenuhi apa yang sudah ditargetkan oleh Mabes TNI,” ungkap Mayjen TNI Tri Budi Utomo bersyukur.

Posting Komentar

0 Komentar