134 Prajurit Muda Tempuh Pendidikan Infanteri di Dodiklatpur Rindam IX/Udayana



Buleleng - Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf Wirawan Eko Prasetyo S.E., pimpin Upacara Pembukaan Program Studi Pendidikan Kejuruan Tamtama Infanteri Abituren Dikmata TNI AD Gelombang II TA 2022 (OV) sebanyak 134 siswa bertempat di Aula Pandawa Cakti  Dodiklatpur Rindam IX/Udayana, Desa Banyupoh Kec Gerogak, Buleleng, Jumat (28/4).


Dalam Amanat Komandan Pusenif (Danpusennif) Kodiklatad Letjen TNI Dr. Anton Nugroho, M.M.D.S., M.A., yang dibacakan Danrindam, mengucapkan selamat datang di Dodiklatpur Rindam Jajaran TNI AD


Pendidikan Infanteri merupakan kelanjutan dari kurikulum sebelumnya yang telah selesai kalian tempuh dimana untuk mekanisme penyelenggaraannya akan dilaksanakan secara berjenjang dan bersifat mutlak, oleh karenanya laksanakan pendidikan ini dengan semangat dan dedikasi yang tinggi. 


Selanjutnya disampaikan bahwa Pasukan Infanteri merupakan garda utama dan mayoritas pada organisasi TNI AD sehingga dengan demikian pola penyelenggaraan pendidikan kejuruan prajurit Infanteri khususnya pada level Bintara dan Tamtama diselenggarakan secara tersebar di Dodiklatpur Rindam Jajaran TNI AD. 


“Kurikulum yang dioperasionalkan untuk menunjang pendidikan adalah kurikulum yang sama dan telah terstandarisasi, para tenaga pendidik dan pelatih merupakan orang­-orang pilihan dan terbaik dari TNI AD yang akan membentuk kalian menjadi prajurit­-prajurit infanteri sejati” jelas Danpusennif


Pendidikan yang dilaksanakan selama kurun waktu 3 bulan kedepan, diharapkan untuk bisa mengembangkan kemampuan siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai Tamtama Infanteri yang memiliki kondisi fisik yang prima sesuai Spesialisasi Jabatan Militer (SJM) tingkat 1 di Kecabangan Infanteri.


Dalam kesempatan tersebut Danpusennif juga menyampaikan visi dari pendidikan ini yakni mewujudkan program studi pendidikan Kejuruan Tamtama Infanteri Abit  Dikmata  TNI  AD  yang  unggul  dalam rangka mengembangkan kemampuan prajurit Infanteri yang handal, profesional dan proporsional. 


Sebagai penjabaran dari visi tersebut maka misi yang harus dicapai dari operasional pendidikan ini adalah: dapat membina manajemen pendidikan dengan cara mengembangkan kemampuan sumber daya prajurit Infanteri yang berjiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI serta berdasarkan pada Tripola Dasar Pendidikan yaitu: tanggap, tanggon dan trengginas.


Mendidik dan mengembangkan Pendidikan Kejuruan Tamtama Infanteri Abit Dikmata TNI AD agar memiliki kemampuan Tamtama Kecabangan Infanteri, memiliki integritas kepribadian dan kondisi jasmani yang prima. Serta dapat dilaksanakan pengkajian dan pengembangan pendidikan untuk mendukung peningkatan kualitas keluaran pendidikan dan kemajuan program studi yang dilandasi profesionalisme.


Selanjutnya kepada Danrindam, Para Gadik dan Pelatih, saya serahkan para Tamtama Siswa Ini untuk dididik, dilatih dan digembleng sesuai dengan tujuan dan sasaran Kurikulum Pendidikan yang telah ditentukan 


Turut hadir dalam acara tersebut para Kabag Rindam IX/Udy, Para Dansatdik, Katimtih, Katim Gumil, para Kadep Rindam IX/Udy, dan undangan lainnya. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

0 Komentar